Kapan Jaringan Internet 5G Bisa Dipakai di Indonesia?



Dikutip dari Liputan6.com "Indonesia masih jauh dari implementasi teknologi 5G secara komersial, baik untuk industri atau pun konsumen individu. Kendati demikian, operator seluler, pemerintah, dan berbagai pemangku kepentingan lain tengah melakukan serangkaian persiapan untuk menyambut penerapan teknologi baru tersebut. PT XL Axiata (XL Axiata) termasuk operator seluler yang sedang mempersiapkan impelementasi jaringan 5G. Salah satu yang sedang dilakukan adalah program fiberisasi, yang diklaim dapat menghadirkan kecepatan data tinggi, jumlah pemakai lebih banyak, serta latency atau delay yang rendah."


Keunggulan teknologi 5G tersebut hanya bisa didapatkan jika site atau Base Transceiver Station (BTS) terhubung dengan fiber. Persiapan lain yakni bisnis model dan spektrum yang tepat. Dalam hal ini termasuk investasi biaya untuk spektrum. "Untuk sampai pada implementasi 5G, banyak sekali persiapan, termasuk fiberisasi. Lebih lanjut, Menteri Komunikasi dan Informatika. Dan menurut keminfo 5G baru akan menyambangi pasar konsumen Indonesia pada 2024. Namun, memang untuk tahap awal dinilai sebaiknya fokus untuk industri.


Pada era Teknologi Industri 4.0 ini "pabrik cerdas" sistem siber-fisik mengawasi proses fisik, menciptakan salinan dunia fisik secara virtual, dan membuat keputusan yang tidak terpusat. Lewat Internet untuk segala (IoT), sistem siber-fisik berkomunikasi dan bekerja sama dengan satu sama lain dan manusia secara bersamaan. Lewat komputasi awan, layanan internal dan lintas organisasi disediakan dan dimanfaatkan oleh berbagai pihak di dalam rantai nilai.


Di Indonesia, 5G sempat diuji coba oleh provider Telkomsel pada tahun 2018 saat gelaran Asian Games di Indonesia dengan kecepatan hingga 16 Gigabyte per second. Kemudian di tahun yang sama, Indosat bersama Ericsson juga melakukan uji coba dengan hasil yang agak berbeda. Yakni kecepatan 5G di angka 10 Gigabyte per second. XL Axiata juga melakukan uji coba serupa. Telkomsel kemudian memperkirakan bahwa 5G baru bisa dinikmati di Indonesia pada tahun 2021. Hal ini dikarenakan belum banyak device yang mampu menangkap jaringan 5G. Di sisi lain, banyak daerah di Indonesia yang sampai saat ini masih belum bisa menimati jaringan 4G dengan baik. Sehingga memerlukan peningkatan kualitas layanan dengan fasilitas di seluruh daerah.

Baca Juga : Cara Agar Artikel Kalian Langsung di Index Sama Google

Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia juga belum mau memperkirakan kapan jaringan 5G benar-benar bisa dinikmati di Indonesia dengan alasan fokus pada pengembangan infrastruktur 4G terlebih dulu. Kendala penggunaan 5G di Indonesia adalah belum adanya pengalokasian spektrum mana yang akan digunakan pada jaringan 5G di tanah air. Kini, dengan sudah adanya beberapa device yang mendukung jaringan 5G, provider perlu mempercepat proses pengembangan 5G. GSM Association sebagai asosiasi provider jaringan mobile memperkirakan bahwa 5G baru bisa dinikmati menyeluruh (sekitar sepertiga populasi dunia) pada tahun 2025.

Jadi ga sabar kan menantikan Jaringan Internet 5G? sama saya juga hehehe. Jika sudah benar adanya jaringan 5G keluar di Indonesia pada tahun 2024/2025 itu berita yang menggembirakan bagi kita semua, bagi rakyat awam seperti kita hanya bisa berharap saja . Jadi mohon bersabar yaa :D

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kapan Jaringan Internet 5G Bisa Dipakai di Indonesia?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel